Joeker Spongebob

Translator Zah

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Sabtu, 26 Maret 2011

Spongebob Squerpants

Jumat, 27 Maret 2011


Pencipta Spongebob



Mulanya, Stephen Hillenburg hanyalah remaja biasa yang menyukai kehidupan laut, namun kini ia adalah orang yang "berjasa" bagi sebagian anak di dunia.

Sejak usianya 15 tahun ia telah suka menyelam dan belajar ilmu oseanografi. Ketertarikannya kepada ilmu kelautan ditambah dengan hasrat terpendamnya pada bidang seni membuat Hillenburg menciptakan animasi terpopuler di awal tahun 2000.

Lahir di Oklahoma, Amerika Serikat pada 21 Agustus 1961, Hillenburg sangat senang menghabiskan waktunya di dalam laut dan mempelajari kehidupan yang ada di dalamnya.

Meski juga tertarik kepada bidang seni, Hillenburg lebih memilih untuk mengambil pendidikan di bidang kelautan. Setelah lulus dari Humboldt State University di Arcata, California, ia mengajar ilmu Biologi Laut di Orange County Ocean Institute selama 3 tahun (1984-1987).

Namun keinginannya untuk berkecimpung di bidang seni tidak dapat ditahan lagi, ia pun mempelajari animasi di "California Institute of the Arts", Valencia.

Pada 1987, ia memutuskan untuk berkarir sebagai seorang animator juga kartunis. Sejumlah tokoh kartun ia ciptakan namun pada 1994. Ia mempunyai ide untuk membuat animasi yang menggabungkan dua pengetahuannya yaitu seni dan laut. Ia pun membuat sebuah animasi tentang kehidupan bawah laut dan membuat binatang laut jenis spons menjadi karakter utama.

Namun spons yang ia tampilkan berbeda dari spons di kehidupan nyatanya di laut. Spon yang ia beri nama SpongeBob ini memiliki sejumlah keunikan yaitu berwarna kuning, bentuk tubuhnya kotak lengkap dengan baju dan dasi, hidup di rumah berbentuk nanas di dasar laut, dan suka makan "Krabby Patties" (burger), es krim dan jeli ubur-ubur.

Keunikan inilah yang mampu menarik perhatian anak-anak. Animasi SpongeBob's SquarePants ciptaannya juga telah meraih sejumlah penghargaan di Amerika salah satunya adalah Kartun Terbaik (2003, 2004, 2005, 2006).

Hillenburg mengaku kaget mengetahui animasi kartun ciptaannya akan meraih sukses besar. Ia juga tidak menyangka idenya untuk memperkenalkan spesies bawah laut dalam animasi dapat menghibur, disukai, dan menjadi idola baru bagi anak-anak terutama di Indonesia.

Kini serial animasi SpongBob`s SquarePants telah menjadi salah satu acara televisi favorit anak-anak di Indonesia.

Sedikit sejarah spongebob:

Memang, bentuk Sponge Bob yang kali pertama dibuat Stephen Hillenberg ini terbentuk karena tidak sengaja. Ketika itu, Hillenburg yang pernah mendalami studi sumber daya kelautan di Universitas Humboldt, California, dan pernah mengajar studi biologi kelautan di Orange Country Marine Institute California, tertarik dengan dunia laut. Makanya, Hillenburg yang juga menggondol gelar master animasi eksperimental di Institut Seni California ini tertarik membuat film kartun. Dan, pilihannya membuat kisah bawah laut.

Ketika itu, Hillenburg berpikir ingin membuat tokoh yang bukan ikan. Sebab, di laut bukan hanya ada binatang yang bisa berenang ini. "Tapi bentuknya seperti apa?" Mungkin itu yang ada di benak Hillenburg.

Bahkan, Hillenburg pernah berpikir ingin menampilkan bunga. Tapi, dia kebingungan bentuknya mau seperti apa. Akhirnya tanpa sengaja, dia pun melihat busa pencuci piring. Seketika itu juga Hillenburg berpikir kalau dia sudah menemukan karakter yang sangat pas. Bentuknya, warna, serta sifat lenturnya sangat mirip dengan tokoh Sponge Bob yang lincah, mudah bergaul, dan selalu optimistis.

Dia juga menambahkan busa segi empat itu dengan celana dan dasi, serta dua gigi kelincinya yang sangat besar. Sehingga makin memperlihatkan kelucuan dari sosok Sponge Bob ini.

SpongeBob dan Teman-Temannya



Spongebob Squarepants




SpongeBob SquarePants, tokoh utama dalam kartun ini yang adalah seekor spons yang sebenarnya berbentuk spons mandi berwarna kuning ini adalah pribadi yang baik, mudah diajak berteman, dan optimistis. Spongebob tinggal di dalam rumah berbentuk nanas di laut, di Jalan Conch nomor 124, Bikini Bottom. Dia juga memelihara seekor siput yang bernama Gary. Pekerjaannya sehari- hari adalah koki di rumah makan Krusty Krab (dia sendiri pun mendapat penghargaan "Employee of the Month" (Pegawai Teladan Bulan Ini) 374 kali berturut - turut), yang terkenal dengan burgernya Krabby Patty. Dia juga bersekolah di Mrs. Puff Boating School, sekolah mengemudi Mrs. Puff.


Patrick Star



Patrick Star adalah seekor bintang laut sahabat Spongebob. Walaupun sering kali tidak berkonsentrasi dalam percakapannya dan terjadi salah pengertian, Patrick adalah sahabat yang baik. Patrick tinggal bersebelahan dengan rumah nanas Spongebob dan rumahnya terletak di bawah batu.








Squidward Tentacles




Squidward Tentacles adalah seekor gurita yang tinggal di dalam rumah moai, yang berada diantara rumah SpongeBob dan Patrick. Ia tidak senang dengan kedua tetangganya karena dianggap sering mengganggunya. Pekerjaan sehari-hari Squidward adalah menjadi kasir di rumah makan Krusty Krab. Tergolong pemalas. Suka bermain klarinet walaupun musik yang dilagukannya jelek. Ia sendiri menganggap dirinya seorang seniman hebat dan orang yang pintar. Memiliki seorang saingan bernama Squilliam Fancyson.

Mr. Krabs




Eugene H. Krabs adalah seekor kepiting pemilik restoran Krusty Krab yang terobsesi dengan uang. Gambaran umumnya adalah kepiting yang tamak dan pelit dan Spongebob seringkali menjadi korban ketamakannya.








Sandy Cheeks



Sandy Cheeks (Sandy si Tupai) - adalah seekor tupai atau bajing yang tinggal di dalam laut. Karena Sandy merupakan binatang darat, kesehariannya di Bikini Bottom mengharuskannya memakai baju astronot yang berisi udara pada helmnya sehingga ia bisa bernafas didalam laut. Sandy menyukai karate, dan senang aksi-aksi berbahaya. Sandy sendiri berasal dari Texas, namun kini bertempat tinggal di Bikini Bottom dan menjadi sahabat Spongebob. Tempat tinggalnya adalah sebuah kubah akuarium kedap air dan berisi udara. Ciri khas rumahnya adalah mempunyai pohon besar sebagai tempat tinggalnya. Spongebob dan Patrick bila berkunjung harus terus menerus memakai mangkuk penuh berisi air yang dipakai terbalik menutupi kepala mereka. Sandy sendiri bekerja sebagai ilmuwan di Treedome Corporation dengan bosnya yang monyet. Di suatu episode dia hampir meninggalkan Bikini Bottom karena percobaan yang dia buat dianggapnya selalu salah.


Sheldon Plankton




Sheldon J. Plankton - pemilik rumah makan Chum Bucket yang sepi pengunjung. Plankton percaya bahwa bila ia berhasil mencuri resep Kraby Patty maka rumah makannya akan laku keras. Jadi segala daya upaya ia kerahkan untuk mencuri resep dari rumah makan saingannya ini, namun upayanya ini tidak pernah berhasil dan mengakibatkan kesialan untuk dirinya akhirnya di episode 'New Leaf' dia mengganti restorannya dengan toko souvenir. Memiliki istri berwujud sebuah komputer bernama Karen.



Gary si Siput



Gary - adalah seekor siput peliharaan Spongebob. Berbunyi seperti kucing dan memiliki sifat yang pendiam dan baik. Ia tidak suka mandi dan hanya saat akan dimandikanlah Gary membuat onar.










By ;
Jeker (petrix)                                                                                                   Khuzaiyah (spongebob)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar